PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA HKBP LINTONGNIHUTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Marta I. Sinambela Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Ida L. Pasaribu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Dinata Lumban Gaol Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Keywords:

Pengaruh, Kurikulum Merdeka Belajar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA HKBP Lintongnihuta, yang terletak di desa Sibuntuon Parpea, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, penelitian dilaksanakan pada bulan April 2024-Mei 2024. Pendidikan sangat penting dalam membentuk karakter dan kemampuan generasi muda, yang secara langsung berhubungan dengan minat belajar mereka. Kurikulum Merdeka Belajar, yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, bertujuan untuk memberikan kebebasan lebih kepada guru dan siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Minat Belajar siswa di kelas X SMA HKBP Lintongnihuta tahun ajaran 2023/2024.  Metode yang digunakan peneliti adalah metode Kualitatif Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA HKBP Lintongnihuta yang berjumlah 100 orang siswa, dan Objek penelitiannya adalah 15% dari jumlah keseluruhan subjek penelitian, yaitu 15 orang siswa yang terpilih sebagai objek penelitian dan pengambilan sampelnya dipilih secara Simple Random Sampling (pemilihan acak sederhana) dari kelas   X-1, X-2, X-3. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua siswa yang menjadi objek penelitian memberikan jawaban tertulis yang menyatakan adanya pengaruh positif terhadap minat belajar mereka sejak penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Hal ini didukung oleh pembelajaran berbasis proyek yang telah mereka praktikkan, dengan judul tema Kearifan lokal, Kewirausahaan, dan Suara Demokrasi. Pembelajaran berbasis proyek ini merupakan bagian dari kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap minat belajar siswa di kelas X SMA HKBP Lintongnihuta.

Downloads

Published

2024-12-23

Most read articles by the same author(s)