PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATERI KEBHINEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS Vll SMP SWASTA DHARMA BHAKTI KECAMATAN SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Kana Gloria Sinaga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Melina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Torus Manusun Sianturi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Keywords:

Media Gambar, Minat Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh Minat belajar siswa di tingkat sekolah menengah pertama sering kali masih rendah, dan kurangnya pemahaman siswa apalagi pada materi Kebhinekaan Indonesia Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada materi Kebhinekaan Indonesia. Peneliti ini menggunakan metode Kualitatif untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap minat belajar pada materi Kebhinekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, dokumentasi dan observasi. Hasil angket yang terdiri dari 20 pertanyaan, di mana 18 pertanyaan menunjukkan minat belajar dalam kategori tinggi, sementara 2 pertanyaan lainnya berada dalam kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh media gambar terhadap minat belajar pada materi Kebhinekaan Indonesia yang signifikan dan efektif. 

Downloads

Published

2024-12-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>