PERANAN PEMBELAJARAN PKn SEBAGAI WAHANA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL DI SMP NEGERI 2 SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
pembelajaran pendidikan kewarganegaraan , pembentukan karakter, media sosialAbstract
Era globalisasi di tandai dengan kemajuan dalam berbagai bidang, termasuk salah satunya dalam bidang informasi khususnya internet. Fasilitas internet yang sedang terjadi viral di dalam kehidupan masyarakat adalah maraknya pengguna media sosial. Jenis yang paling banyak digunakan adalah facebook, yang cukup menjamur dikalangan siswa di sekolah. facebook memiliki manfaat bagi siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi akan tetapi facebook juga dapat berdampak negatif bagi siswa, untuk itu dibutuhkan peran sebagai wahana pembentukan karakter dalam menanggulangi dampak media sosial facebook. salah satunya melalui pendidikan kewarganegaraan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pembentukan karakter dalam menanggulangi dampak media sosial di SMP Negeri 2 Siborong-borong, (2) Kendala Yang Dihadapi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Dalam Menanggulangi Dampak Facebook (3) Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk dapat mengatasi dampak facebook dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan antara lain (1) Peran pembelajaran pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam menanggulangi dampak yang dihasilkan oleh media sosial facebook, hal ini terbukti dengan menggunakan tujuan, materi pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran, media dan evaluasi yang baik menjadikan siswa tidak terpengaruh terhadap dampak yang dihasilkan facebook, (2) kendala yang dihadapi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada saat dikelas adalah menurunnya motivasi belajar siswa karena lebih sering didominasi oleh pengguna facebook pada saat setiap jam pelajaran, sehingga siswa menjadi tidak fokus dalam mempelajari setiap materi pendidikan kewarganegaraan (3) upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah dengan menggunakan model,media, dan sumber-sumber belajar yang bervariatif serta melalui pemberian keteladanan. Sehingga diharapkan dampak negatif facebook dapat di minimalisir.