PENERAPAN NILAI-NILAI SILA PANCASILA KETUHANAN YANG MAHA ESA DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA PRAMUKA DI SMA PGRI 20 SIBORONGBORONG KECAMATAN SIBORONGBORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Jekson S.M Sianturi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Ida L Pasaribu Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli
  • Torus Manusun Sianturi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli

Keywords:

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila, Pendidikan kepramukaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam kegiatan pramuka di SMA PGRI 20 Siborongborong Kecamatan siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara Tahun ajaran 2022/2023 Lokasi Penelitian berada SMA PGRI 20 Siborongborong Kecamatan siborongborong.  Jenis Penelitian ini adalah penelitian  deskrptif kualitatif yaitu hasil temuannya tidak di peroleh melalui dengan prosedur statistik. Subjek penelitian menggunakan key informan yang di gunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyak nya. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Nilai-Nilai Pancasila yang tercermin dalam kegiatan pendidikan kepramukaan di Gerakan Pramuka SMA PGRI 20 Siborongborong Kecamatan siborongborong ,meliputi nilai spiritual dalam kegiatan pramuka sebelum memulai dan sesudah kegiatan  harus di awali dengan berdoa, gotong royong dan korsa pada kegiatan pendidikan dan pelatihan pramuka  penegak. Faktor pendukung implementasi nilai-nilai Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa di SMA PGRI 20 Siborongborong di pengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya mempunyai program, menyediakan sarana prasarana, pengawasan dan pembinaan oleh Pembina pramuka. Faktor penghambat ada 2, yakni faktor individu dan lingkungan penunjang.

Downloads

Published

2024-06-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>